Cara Beternak Lovebird

October 7th, 2012

Cara beternak lovebird yang harus diperhatikan adalah ketersediaan makanan. Lovebird yang hidup di alam liar memiliki ketersediaan yang sangat banyak. Makanan lovebird antara lain buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian lainnya. Beternak lovebird di dalam kandang/sangkar sebaiknya membatasi makanan yang mengandung lemak. Hal ini untuk menghindari kegemukan karena bisa berakibat burung lovebird tidak lincah.

cara ternak lovebird

Usaha Sampingan Ternak Lovebird

Makanan yang baik untuk lovebird rumahan adalah sayuran yang masih segar seperti bayam, sawi, kangkung, jagung muda, dan brokoli. Sayuran diberikan setiap hari dan akan lebih baik jika sayuran alami yang tidak mengandung bahan kimia. Setiap 2 minggu sekali ternak lovebird perlu diberi buah-buahan; apel, pepaya, dan pisang. Cara ternak lovebird agar tidak mengalami kegemukan adalah membatasi pemberian makanan biji-bijian dan kacang-kacangan. Minuman susu segar bisa diberikan seminggu sekali.

Kandang Lovebird

Bentuk dan ukuran kandang lovebird banyak macamnya. Para pelaku usaha sampingan lovebird ada yang membuat kandang lovebird berbentuk kotak, bulat, ada pula yang berbentuk segi enam. Ukuran kandang lovebird makin besar makin baik agar lovebird dapat bergerak bebas seperti di habitat aslinya.

Konstruksi kandang lovebird yang baik terbuat dari kawat besi yang dilengkapi dengan tempat mandi terpisah. Hal ini karena lovebird termasuk jenis burung yang suka mandi. Begitu pula tempat minum harus selalu terisi, jangan sampai kehabisan. Air munum harus diganti setiap hari untuk menjaga agar lovebird tetap sehat.

Kandang Lovebird

Kandang Lovebird Berkerangka Kayu

Memandikan lovebird dengan cairan antiseptik  dengan cara disemprotkan perlu dilakukan seminggu sekali. Cara ternak lovebird di dalam kandang juga perlu diberikan pasir grit atau bisa dibuat dari tulang cumi-cumi yang dapat berfungsi dalam proses pencernaan dan pembentukan cangkang telur ketika lovebird siap bertelur.

Belajar cara beternak lovebird butuh ketekunan dan banyak bertanya kepada peternak yang sudah berhasil. Karena harga lovebird yang terus bertahan bahkan cenderung naik, budidaya lovebird bisa dijadikan peluang usaha sampingan yang menguntungkan. Wajar saja, saat ini banyak bermunculan penangkaran lovebird.

 

If You Like This Post, Share it With Your Friends & Peers

Digg
stumbleupon
Delicious
facebook
twitter
reddit
rss feed bookmar