Usaha Kuliner: Peluang Usaha Makanan

October 2nd, 2012

Usaha kuliner merupakan jenis usaha kecil yang tumbuh pesat. Berbagai kreasi baru usaha makanan bisa kita jumpai di sepanjang perjalanan. Dari kaki lima sampai restoran menawarkan produk makanan yang sama. Ada yang menjalankan sebagai usaha sampingan, dan lebih banyak lagi yang menjadikan sebagai usaha utama.

Peluang usaha makanan masih terbuka lebar. Selama manusia masih punya perut, butuh makan. Kesibukan yang padat, membuat mereka lebih suka membeli produk yang siap santap. Tidak perlu repot masak sendiri: yang penting makan enak, bayar, beres. Itulah sebabnya usaha ini akan terus tumbuh dan berkembang dengan variasi yang beragam, sekalipun produknya makanan dan bahannya sama.

Usaha Kuliner Lele Crispy

Yang penting dalam membuka usaha makanan adalah deferensiasi. Produk makanan yang anda jual harus memiliki nilai tambah yang berbeda dengan produk sejenis. Perbedaan bisa dari segi tampilan, penyajian, rasa, brand, maupun kemasan. Urusan rasa dalam usaha kuliner memiliki peran penting. Jika rasa sudah cocok di lidah, persoalan harga menjadi nomor belakangan. Harga yang dibayar sebanding dengan kepuasan yang didapat.

Produknya sama tetapi dikemas dalam penyajian yang berbeda memiliki nilai yang berbeda pula. Di mata konsumen pecinta kuliner, sering kali hal-hal baru mendorong minat untuk mencoba. Misalnya, pecel lele selama ini penyajiannya semua sama. Ikan lele digoreng kemudian disajikan dengan sambal terasi, lalapan sayur, dan nasi putih. Ketika ada usaha kuliner baru sebagai usaha rumahan dengan penyajian yang berbeda ternyata konsumen senang. Penyajian fillet ikan lele, misalnya, tentu tidak pernah terpikir sebelumnya. Begitu pula lele crispy, siapa yang pernah berpikir membuatnya. Hanya pelaku wirausaha yang kreatif yang bisa mewujudkannya. Itulah deferensiasi, daya beda.

Diperlukan keberanian untuk memulaiĀ  usaha sekalipun dengan modal kecil. Sebelum kita mengenal Aqua, siapa sangka air putih bisa dijual. Adalah Tirto Utomo, sang pendiri Aqua yang berasal dari Wonosobo Jawa Tengah yang berani melakukan itu. Ketika memulai usahanya, semua teman-temannya menertawakan: masak ada orang yang mau beli air putih. Apalagi orang Indonesia. Ternyata, faktanya lain. Siapa yang tidak mengenal Aqua? Bahkan merek apa pun tetap disebut Aqua.

Memulai usaha kuliner perlu jeli melihat peluang pasar. Memenuhi selera penghobi kuliner, itulah kuncinya. Pruduk makanan bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang patut dicoba agar dapat merasakan sensasinya.

 

If You Like This Post, Share it With Your Friends & Peers

Digg
stumbleupon
Delicious
facebook
twitter
reddit
rss feed bookmar